MENGENAL APA ITU ILMU KESEHATAN KELAUTAN



Oleh: dr. Anis Dwi Anita Rini, M.H. Perfusionist

Residen Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Kelautan, Universitas Hang Tuah, Surabaya 

Berbicara tentang ilmu kesehatan lautan adalah topik yang menarik. Lautan memainkan peran penting dalam ekosistem global dan memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan manusia dan lingkungan. Lautan adalah salah satu keajaiban alam yang penuh misteri dan potensi. Di dalamnya terdapat kehidupan yang beragam, serta sumber daya yang penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Jurusan Ilmu Kelautan adalah wahana bagi para ilmuwan untuk menjelajahi dan memahami lautan ini secara lebih mendalam.

Apa bedanya Ilmu Kelautan dan Ilmu Kesehatan Kelautan ? 

Ilmu Kelautan adalah cabang ilmu yang memfokuskan penelitian dan pemahaman pada ekosistem laut dan semua komponennya.  Ini mencakup studi tentang geologi laut, oseonografi, biologi laut, ekologi laut, kimia laut dan managemen sumber daya laut. 
Ilmu Kesehatan Kelautan adalah bidang studi yang berkaitan dengan kesehatan manusia, hewan dan lingkungan dalam konteks kelautan dan perairan. 
Ini mencakup berbagai topik, seperti epidemiologi penyakit yang berkaitan dengan lingkungan laut, polusi air, keamanan pangan dari hasil laut, kesehatan masyarakat pesisir, dan upaya untuk melestarikan ekosistem laut yang berdampak pada kesehatan manusia.
     
Bidang ini sangat penting mengingat banyaknya tantangan kesehatan yang terkait dengan ekosistem laut dan perairan, seperti peningkatan polusi, perubahan iklim, penangkapan ikan yang berlebihan, dan dampak negatif aktivitas manusia lainnya terhadap laut dan lingkungan pesisir. Melalui ilmu kesehatan kelautan, berbagai penelitian dan intervensi dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan manusia dan ekosistem laut secara bersamaan.

Apa sih Prodi Pendidikan Ilmu Kesehatan Kelautan ?

Menurut SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No.163/E/KPT/2022 tentang Nama Program Studi, pada bagian Program Studi Pada Jenis Pendidikan Profesi, Program Studi pada Program Spesialis (Sp.) nomor 23 Kedokteran Kelautan (Maritime medicine) dengan gelar K.L. Untuk Subspesialis dalam Kedokteran Kelautan di bagian Program Studi Subspesialis di nomor 33, terdiri atas Kepelautan dan Transportasi Air (K.T(K)), Penyelaman dan Hiperbarik (P.H(K)), dan Pelabuhan dan Pesisir (P.P(K)).

II. Program Studi Pendidikan Spesialis
NO. NAMA PROGRAM STUDI NAMA PROGRAM STUDI DALAM BAHASA INGGRIS INISIAL RUMPUN ILMU/NAMA PROGRAM STUDI
RUMPUN ILMU TERAPAN (PROFESSION AND APPLIED SCIENCES
19 Kedokteran Okupasi Occupational Medicine Ok
20 Kedokteran Olahraga Sports Medicine K.O
21 Kedokteran Penerbangan Aerospace Medicine K.P
22 Kedokteran Darurat Emergency Medicine K.D
23 Kedokteran Kelautan Maritime Medicine K.L
24 Keperawatan Anak Pediatric Nursing Kep.A
  Dokter spesialis yang memiliki kompetensi dalam penanganan masalah-masalah kesehatan kelautan, seperti masalah kesehatan pada lingkungan pelayaran (mikro dan makroklimat), standar kesehatan untuk berkerja, paparan bahaya pada pelaut, penumpang, tenaga penunjang pelayaran, pekerja galangan kapal dan pelabuhan, kondisi lingkungan kerja, sanitasi, nutrisi dan toksikologi, pelayanan telemedical dan ketersediaan pelayananmedis dasar sampai dengan evakuasi medis di atas kapal dan pekerja selam anjungan lepas pantai, sampai pada permasalahan pada kesehatan penyelaman, hiperbarik serta aplikasi terapannya di fasilitas pelayanan kesehatan.

Apakah Pendidikan Sp KL sudah ada kolegiumnya?

Kolegium Kedokteran Kelautan telah berdiri sejak tahun 2006, dengan pengakuan Ilmu Kedokteran Kelautan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dengan Keputusan KKI No.45/KKI/KEP/X/2019 tentang Daftar Percabangan Ilmu Kedokteran dan Kedokteran Gigi. Standar Pendidikan Profesi Dokter Spesialis Kedokteran Kelautan sudah ada dan melandasi penyusunan kurikulum PPDS KL, yaitu melalui Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia Nomor 71 Tahun 2020.
Demikian kutipan yang saya berikan , semoga dapat bermanfaat dan mengenalkan lebih jauh tentang ilmu Kesehatan kelautan. Dengan adanya Program Studi Spesialis Kedokteran Kelautan Universitas Hang Tuah, Surabaya semoga dapat memberikan sumbangsih yang semakin besar dalam perkembangan keilmuan dan inovasi baru dalam dunia kedokteran serta menjadikan Indonesia menjadi Negara Maritim yang Terbesar dan terdepan di Dunia.


Referensi 
1. Salinan-Kepdirjen-Nama-Prodi-No.-163-Th-2022.pdf (kemdikbud.go.id)
2. Keputusan Konsil Kedokteran Indonesia Nomor 45/KKI/KEP/X/2019
3. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal of Marine Science and Technology

Belum ada Komentar untuk "MENGENAL APA ITU ILMU KESEHATAN KELAUTAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel