Kemitraan: Kunci Inovasi Layanan Kesehatan dan Keunggulan Bersaing di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. F.X SUHARDJO LANTAMAL IX AMBON




Oleh. 
1. Kolonel Laut (K) Dr. dr. Hisnindarsyah, SpKL. Subsp.KT(K),SE., M.Kes., MH., C.FEM, FISQua, FRSPH
2. Prof.Dr.dr.Julianty Pradono, MS.SpOK

Seiring dengan perubahan zaman dan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks, sektor kesehatan di Indonesia menghadapi berbagai tantangan dalam meningkatkan kualitas layanan dan mempertahankan loyalitas pasien, terutama di rumah sakit sektor publik. Dalam upaya meningkatkan layanan dan mengatasi permasalahan yang ada, penelitian-penelitian dilakukan untuk mencari strategi-strategi inovatif yang dapat memberikan solusi terbaik. Salah satu penelitian yang menarik adalah mengenai pengaruh strategi kemitraan terhadap keunggulan bersaing melalui inovasi layanan kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. F.X SUHARDJO LANTAMAL IX AMBON.

Penelitian ini menggali kedalaman hubungan antara strategi kemitraan yang diterapkan di rumah sakit dan dampaknya terhadap keunggulan bersaing, dengan inovasi layanan kesehatan sebagai variabel mediasi. Dengan menggunakan kerangka konseptual yang kokoh, penelitian ini mampu mengungkapkan secara jelas bagaimana strategi kemitraan dapat memengaruhi inovasi layanan kesehatan dan akhirnya keunggulan bersaing yang dicapai oleh rumah sakit.

Pendekatan penelitian yang diambil adalah eksplanatori, dengan menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS) untuk memahami hubungan kausal antar variabel-variabel yang diteliti. Populasi penelitian mencakup seluruh rumah sakit dan puskesmas yang bermitra dengan Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. F.X SUHARDJO, yang tersebar di 15 rumah sakit di Provinsi Maluku dan 40 puskesmas di Provinsi Maluku, baik di Kota Ambon maupun di Kepulauan Maluku.

Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa strategi kemitraan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Ini berarti semakin baik strategi kemitraan yang diterapkan, semakin besar keunggulan bersaing yang dapat dicapai oleh rumah sakit. Temuan ini sesuai dengan teori strategi bisnis yang menekankan pentingnya kolaborasi dengan pihak eksternal dalam mencapai keunggulan bersaing.

Selanjutnya, penelitian ini juga menunjukkan bahwa strategi kemitraan berdampak positif pada inovasi layanan kesehatan. Semakin baik strategi kemitraan yang dimiliki oleh Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. F.X SUHARDJO, semakin tinggi pula tingkat inovasi layanan kesehatan yang dihasilkan. Hal ini sesuai dengan teori kemitraan strategis yang menekankan pentingnya pertukaran sumber daya dan pengetahuan antar organisasi untuk meningkatkan kinerja dan inovasi.

Selain itu, ditemukan juga bahwa inovasi layanan kesehatan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Hal ini menunjukkan bahwa upaya untuk mengembangkan dan menerapkan inovasi dalam layanan kesehatan dapat memperkuat posisi kompetitif rumah sakit di industri layanan kesehatan. Temuan ini selaras dengan konsep inovasi dalam manajemen layanan kesehatan dan pentingnya keunggulan bersaing dalam menciptakan nilai unik bagi pasien.

Lebih lanjut, penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi layanan kesehatan sebagian memediasi hubungan antara strategi kemitraan dan keunggulan bersaing. Artinya, semakin baik strategi kemitraan meningkatkan inovasi layanan kesehatan, semakin tinggi juga kemungkinan rumah sakit mencapai keunggulan bersaing. Hal ini menunjukkan bahwa inovasi layanan kesehatan memainkan peran penting dalam menghubungkan strategi kemitraan dengan keunggulan bersaing di rumah sakit.

Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa strategi kemitraan adalah kunci utama dalam mencapai inovasi layanan kesehatan dan keunggulan bersaing di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. F.X SUHARDJO LANTAMAL IX AMBON. Dengan meningkatkan kerjasama dengan pihak eksternal dan mengembangkan inovasi dalam layanan kesehatan, rumah sakit dapat memperkuat posisinya di pasar layanan kesehatan dan memenuhi harapan serta kebutuhan pasien dengan lebih baik.

Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam pemahaman tentang pentingnya strategi kemitraan dalam hal layanan kesehatan di rumah sakit sektor publik. Diharapkan temuan ini dapat menjadi panduan bagi rumah sakit lainnya untuk mengembangkan strategi kemitraan yang efektif dan meningkatkan inovasi dalam layanan kesehatan guna mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

Sebagai refleksi akhir, penelitian ini telah membuka cakrawala baru dalam memahami hubungan antara strategi kemitraan, inovasi layanan kesehatan, dan keunggulan bersaing di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. F.X SUHARDJO LANTAMAL IX AMBON. Temuan-temuan yang diperoleh menegaskan pentingnya kerjasama eksternal dalam mengembangkan inovasi layanan kesehatan dan memperkuat posisi kompetitif rumah sakit di tengah-tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Sebagai peneliti, kami merasa senang dapat memberikan kontribusi pada pemahaman praktis dan akademis dalam manajemen layanan kesehatan. Penelitian ini menjadi titik awal bagi kami untuk terus mengeksplorasi dan mengembangkan gagasan-gagasan baru yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan kesehatan di rumah sakit sektor publik.

Kami berharap temuan ini dapat menjadi panduan bagi praktisi dan pengambil keputusan di bidang kesehatan untuk mengimplementasikan strategi kemitraan yang efektif dan memperkuat inovasi dalam layanan kesehatan. Dengan demikian, diharapkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkelanjutan dapat terus ditingkatkan, memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat secara lebih baik.

Akhir kata, kami ingin menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berkontribusi dalam penelitian ini. Semoga penelitian ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi perkembangan sistem kesehatan di Indonesia. Salam LAFKI !

Belum ada Komentar untuk "Kemitraan: Kunci Inovasi Layanan Kesehatan dan Keunggulan Bersaing di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. F.X SUHARDJO LANTAMAL IX AMBON"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel