Persiapan TNI AL Sukseskan Hari Nusantara 2023



Jalesveva Jayamahe,
Jakarta, 29 November 2023,---- Dalam rangka persiapan menyambut Hari Nusantara 2023 yang akan diselenggarakan di Tidore, Maluku Utara, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menerima Paparan Kesiapan TNI Angkatan Laut (TNI AL), Satuan Tugas (Satgas) Hari Nusantara 2023 bertempat di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/11).

Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember ini bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memahami bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa maritim dengan ditandai dengan Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi Djuanda menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia di antara dan di dalam kepulauan Indonesia merupakan satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Potensi sumber daya laut Indonesia sangat berlimpah perlu pengelolaan yang optimal, sehingga diperlukan cara pandang bahwa laut adalah masa depan yang memiliki potensi sangat besar untuk dikelola demi kesejahteraan bangsa.

Bertindak sebagai Ketua Pelaksana Pusat Hari Nusantara 2023 adalah Menteri Perhubungan RI. Pada pelaksanaan Hari Nusantara 2023 nantinya TNI AL akan dilibatkan dalam sejumlah kegiatan antara lain, bakti sosial, bakti kesehatan, pameran/expo, serta demontrasi Alutsista maupun personel TNI AL.

Peran TNI AL dalam kegiatan peringatan Hari Nusantara 2023 merupakan implementasi dari program prioritas Kasal yaitu mewujudkan prajurit TNI AL yang profesional, tangguh, dan modern, di mana prajurit Jalasena akan menunjukkan kemampuan personel maupun alutsista pada event nasional tersebut.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.

Belum ada Komentar untuk "Persiapan TNI AL Sukseskan Hari Nusantara 2023"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel