Ciptakan Kampung Tangguh, Wadan Puspenerbal Hadiri Peresmian Kampung Bahari Nusantara Tlocor




TNl AL-Puspenerbal (4/12/2023).
Wakil Komandan Puspenerbal, Laksma TNl Bayu Alisyahbana mewakili Komandan Puspenerbal Laksda TNl Sisyani Jaffar menghadiri Peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) Pasmar 2 Korps Marinir TNI Angkatan Laut di Dusun Tlocor Desa Kedungpandan, Sidoarjo, Jawa Timur. Senin (4/12/2023).


Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal, Mayjen TNI (Mar) Markos mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali meresmikan KBN yang bertujuan menciptakan kondisi juang tangguh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan pertahanan yang terbagi dalam lima klaster, antara lain Edukasi, Ekonomi, Kesehatan, Pariwisata dan Pertahanan.

Pembangunan KBN yang bertemakan, “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Masyarakat Maritim yang Sejahtera” ini, terbagi dalam lima klaster, antara lain Edukasi, Ekonomi, Kesehatan, Pariwisata dan Pertahanan.


Kasal dalam amanatnya yang dibacakan Aspotmar Kasal mengatakan bahwa, peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pesisir melalui program KBN, merupakan salah satu langkah untuk mendukung pencapaian beberapa program prioritas nasional tahun 2023.

Beberapa program prioritas tersebut antara lain memperkuat ketahanan ekonomi yang berkeadilan, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, serta memperkuat stabilitas politik, hukum, pertahanan dan keamanan.

Pada Kluster edukasi dan pertahanan, Pasmar 2 berupaya meningkatkan pengetahuan masyarakat desa melalui renovasi dan mengaktifkan Taman Pendidikan Al Qur’an di Dusun Tlocor Desa Kedungpandan, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur.

Selain itu, melaksanakan pembekalan bela negara terhadap siswa-siswi Sekolah Menengah, dan menyediakan buku-buku untuk menambah pengetahuan dan informasi, khususnya terkait dengan berbagai kegiatan, pekerjaan, serta wawasan teknologi dan kebangsaan.

Sedangkan Kluster Ekonomi, pembangunan Depot Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Dermaga kayu Nelayan dan pendampingan kegiatan kelompok Nelayan dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Kluster Kesehatan, melaksanakan renovasi Pos Kesehatan Desa dan penyediaan alat penjernih air siap minum untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat desa dan penyuluhan, serta sosialisasi budaya hidup sehat.

Untuk Kluster Pariwisata, pembangunan Taman Tematik Kampung Bahari Nusantara Pasmar 2 bertujuan untuk menciptakan desa agar dapat menjadi destinasi pariwisata, khususnya wisata bahari.

Peresmian 69 KBN TNI Angkatan Laut kali ini, terpusat dilaksanakan di KBN Pasmar 2 Korps Marinir dan diikuti secara vicon oleh 68 KBN yang telah dibangun oleh Satkorwil dan Satnonkorwil TNI AL di seluruh Indonesia.

Tampak hadir Wagub Jatim Emil Dardak dan Forkopimda Jatim, pejabat TNl Polri wilayah Jatim, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta undangan lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Ciptakan Kampung Tangguh, Wadan Puspenerbal Hadiri Peresmian Kampung Bahari Nusantara Tlocor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel