SURVEYOR LAFKI KUNJUNGI RS GPM AMBON, LAKUKAN AKREDITASI




Rumah Sakit Gereja Protestan Maluku (GPM), diakreditasi  sesuai jadwal oleh tim surveyor LAFKI , berdasarkan surat tugas Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI), Nomor: SRVY/206-L/LAFKI-Reg/20230908, pada tanggal 25 Oktober dan 27-28 Oktober 2023. Pelaksanaannya diatur dengan 2 metode yaitu daring pada tanggal 25 Oktober 2023, dan luring pada tanggal 27 dan 28 Oktober 2023.
Tim Surveyor LAFKI terdiri dari  Kol.Laut(K) Dr.dr.Hisnindarsyah,SE,M.Kes MH Sp.KL. Subsp KT(K).C.FEM, FISQua, FRSPH  sebagai ketua tim surveyor dan Mirel Wattimena,S.Kep.,Ns,FIHFAA sebagai anggota, dan pendamping dr.Jacky Tuamelly SpB (K) Trauma FICS FINACS FIHFAA.

Kedatangan tim surveyor secara luring di RS GPM Ambon, disambut hangat oleh MPH Sinode sebagai pemilik RS GPM, Pengurus Yayasan Kesehatan serta Plt.Direktur RS dan seluruh staf RS yang adalah tenaga Kesehatan dan non tenaga Kesehatan. Penyambutan Surveyor  dengan iringan ukulele RS GPM yang melantunkan Lagu Nusaniwe dan Mars LAFKI, oleh peserta akreditasi.
Dilanjutkan dengan pengalungan syal/selendang, oleh Plt. direktur dr. Thrifindana Abednego, sebagai bentuk penghormatan kepada tamu-tamu yang datang di daerah ini, dan dengan tarian “Cuci Tangan dan BHD”, menggunakan irama lagu “Teman Pung Kisah” yang ditampilkan dengan penuh semangat dan kehangatan. Gerakan-gerakan yang mengisyaratkan sukacita dan kegembiraan, menyambut surveyor menilai kinerja RS yang telah melaksanakan kerja melayani masyarakat sejak 5 tahun terakhir ini.

Kemudian, surveyor dan seluruh peserta akreditasi diarahkan ke ruang Horeb, tempat pertemuan RS GPM. Kegiatan akreditasi di ruangan Horeb, diawali dengan doa oleh Pendeta Glen Siahaya (Sekretaris Yayasan Kesehatan, Pendeta RS GPM) mendasari seluruh pergumulan akreditasi di RS GPM. Dilanjutkan dengan presentasi kinerja RS GPM oleh plt. Direktur, dr.Thrifindana Abednego. Dalam presentasi Abednego, ditampilkan capaian kinerja menonjol yang telah dilakukan dalam tahun 2023, dan mendapat apresiasi dari tim surveyor.
Dr. dr. Hisnindarsyah selaku ketua TIM Surveyor LAFKI  dalam arahannya, menyampaikan salam dari ketua LAFKI Pusat, dan berharap pelaksanaan akreditasi RS GPM berlangsung dalam keadaan sukacita dan santai. Kehadiran surveyor dalam akreditasi tidaklah bermaksud untuk menguji, melainkan untuk membina supaya tertib administrasi agar mutu layanan bisa berkualitas dan menjadi prioritas pelayanan di Maluku khususnya Kota Ambon.
“Kami siap membantu teman-teman di Maluku. Akreditasi ini membutuhkan kerjasama dan komunikasi,” ungkap Dr. dr. Hisnin Sp.KL. 

Lebih lanjut, Hisnin menginginkan supaya teman-teman di RS GPM, dapat membantu proses akreditasi agar berlangsung dengan baik, sebab tujuan akhir akreditasi semata-mata hanya untuk keselamatan pasien (Safeti pasien).

Setelah pembukaan, tim surveyor melakukan klarifikasi bersama direktur RS, ketua tim, dan Yayasan Kesehatan. Dilanjutkan dengan kegiatan telusur dokumen dan melihat secara langsung kondisi  dan implementasi elemen assesmen standar Rumah sakit yang telah disurvei saat daring sebelumnya tanggal 25 Oktober 2023. Telusur dokumen dibagi surveyor, yaitu manajemen dan pelayanan medis. Hasil temuan surveyor disampaikan pada tim akreditasi RS, dan diberikan kesempatan pada plt direktur untuk menyampaikan klarifikasi terhadap hasil telurus tersebut, dan disampaikan oleh plt direktur dalam presentasi before-after, dan disambut baik oleh surveyor.

Agenda akhir akreditasi adalah pemaparan kesimpulan oleh surveyor, untuk perbaikan RS GPM kedepan.
Anggota MPH Sinode, Penatua Betty Sahertian, berterima kasih kepada surveyor yang telah Tuhan utus datang di RS GPM melakukan penugasan kudus ini.
“Kita bersyukur sebab kedatangan surveyor ke RS GPM menunjukkan bahwa kita siap untuk berbenah dan berubah kearah yang lebih baik demi pelayanan kepada umat dan Masyarakat,” ungkapnya.
Baginya ini bukan tentang nilai atau status peningkatan tipe RS yang diharapkan, tetapi bagaimana RS berupaya melakukan yang terbaik, melakukan perbaikan-perbaikan secara optimal, melayani dengan hati, melayani dengan senyum, melayani dengan cinta kasih, melayani dengan sukacita,
RS ini adalah wajah GPM, karena itu lakukan yang terbaik untuk hormat dan kemuliaan namaNya.
“Kita sudah melakukan bagian kita, selebihnya kita serahkan kepada Tuhan yang empunya pekerjaan ini, kepada Dia yang telah mempercayakan tanggung jawab ini, baik Yayasan dr. Elviana Pattiasina bersama pengurus Yayasan Kesehatan, plt direktur RS GPM dr. Thrifindana Abednego bersama timnya yang hebat,” imbuhnya.

Penulis: Penatua Betty Sahertian (Anggota MPH Sinode GPM)

Belum ada Komentar untuk "SURVEYOR LAFKI KUNJUNGI RS GPM AMBON, LAKUKAN AKREDITASI "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel