Sosialisasi Masyarakat Tim PPK ORMAWA FKIP UNA Olah Sampah Plastik Jadi Ecobrick




ASAHAN|
Dampak negatif meningkatnya sampah plastik tentu harus diimbangi dengan solusi guna menekan dampak negatif yang akan terjadi. Berdampingan dengan hal ini, tim PPK ORMAWA HMPS Pendidikan Matematika FKIP UNA tahun 2023 bersama dengan program yang diusung SMART Desa Literasi mengadakan sosialisasi dan membuka kelas penyuluhan pembuatan ecobrik di Desa Air Genting sejak bulan Juli 2023 lalu. (19/9)


Kegiatan olah sampah menjadi ecobrik digagas tim PPK ORMAWA karena melihat value yang timbul dengan banyaknya limbah masyarakat yang berbahan plastik dan berserakan di lingkungan masyarakat, tim juga melihat banyaknya sumber daya masyarakat yang terdapat di Desa Air Genting. 

Maka pengusungan kegiatan olah sampah ini juga disebabkan oleh semkain maraknya isu mengenai lingkungan di Indonesia.
Ecobrick merupakan botol plastik yang diisi padat dengan limbah non-biological untuk membuat blok yang nantinya digunakan kembali, dengan rancangan Tim PPK ORMAWA hasil pemanfaatan nya akan digunakan dalam pembuatan tempat duduk dan meja, maka ecobrick dapat menjadi alternatif bagi blok konvensional dalam pembuatan bangku dan meja menjadi sebuah sofa nantinya. Tim PPK ORMAWA HMPS Pendidikan FKIP UNA mengajarkan bagaimana membuat ecobrick.

 Pembuatan ecobrick dimulai dengan menyiapkan sampah plastik kemudian memasukkan kedalam botol plastik yang sama besar. 
Proses sosialisasi kepada masyarakat, Tim membuat contoh produk ecobrick yang mudah dipelajari dengan menyiapkan kumpulan sampah plastik, botol plastik, dan sebuah tongkat.
 Selanjutnya sampah dimasukkan kedalam botol plastik dan ditekan dengan tongkat. Melalui koordinasi ke setiap rumah khususnya rumah warga yang memiliki usaha berdagang untuk mengumpulkan sampah plastik dan mengutipnya setiap 2 hari sekali, untuk pengerjaannya Tim PPK ORMAWA melibatkan Gen Alpha dan Gen Z Desa Air Genting sekitar serta melibatkan salah satu Yayasan Pendidikan Adinda Air Genting untuk  turut membersamai kegiatan pemanfaatan sampah plastik menjadi Ecobrik  ini. 


Valentino Sihombing selaku salah satu Tim PPK ORMAWA HMPS Pendidikan FKIP UNA mengungkapkan bahwa “para warga sangat antusias dengan ilmu mengenai ecobrick. Hal ini sejalan dengan tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini adalah mengembangkan potensi desa agar lebih mandiri serta memberikan alternatif penghasilan yang lain melalui pengolahan sampah plastik menjadi benda yang memiliki nilai jual lebih”.ujarnya.
Edukasi yang di lakukan oleh Tim menimbulkan umpan positif dari masyarakat setempat, hal ini di buktikan dengan munculnya kesadaran diri di beberapa tempat di desa Air Genting untuk mengumpulkan sampah plastik. Dan juga kesadaran diri anak-anak untuk menggunting dan memasukkan setiap sampah plastik kedalam botol, hal ini juga di buktikan dengan tingkat antusias anak anak dengan datang ke posko tempat tinggal tim PPK ORMAWA setelah bermain di sore hari.

Dengan kegiatan ecobrik ini di harapkan seluruh lapisan masyarakat lebih meningkatkan kesadaran diri akan sampah yang di hasilkan baik dari limbah rumah tangga maupun konsumsi sehari-hari menimbang dampak negatif yang akan terjadi dan semakin maraknya isu mengenai lingkungan saat.

Belum ada Komentar untuk "Sosialisasi Masyarakat Tim PPK ORMAWA FKIP UNA Olah Sampah Plastik Jadi Ecobrick"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel