Peluncuran Buku Setahun Di Kongo Tuai Apresiasi



JAKARTA|
Buku yang menceritakan kisah penugasan wanita TNI AD dalam misi perdamaian dunia PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) menuai apresiasi dari berbagai pihak di kalangan pejabat TNI dan Kementerian Pertahanan yang membidangi misi perdamaian PBB.

Hal tersebut terungkap saat peluncuran buku Setahun Di Kongo yang ditulis oleh Kolonel Caj (K) Purn Nita Siahaan, M.Sc yang mengisahkan penugasan penulis buku tersebut sebagai Kowad (Korps Wanita Angkatan Darat) pertama dalam mengemban tugas sebagai military observer  di wilayah penugasan yang penuh dengan konflik di negara Republik Demokrasi Kongo pada tahun 2008 silam. 

Peluncuran buku yang diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia tersebut diselenggarakan di Gramedia Matraman pada Sabtu (21/10/2023) yang turut dihadiri sejumlah pejabat serta pelaku dari lingkungan TNI dan Kemhan yang pernah melaksanakan misi perdamaian PBB.

Acara diskusi dan tanya jawab peluncuran buku Setahun Di Kongo berlangsung menarik dipandu oleh moderator Ronald Roger Rohrohmana, S.I.P. M.Sos. dari Nawasena dan dihadiri narasumber mantan Kadispsiad (Kepala Dinas Psikologi TNI AD) Brigjen TNI Purn Dr. Eri R. Hidayat, MBA, MHMRC dan Kolonel Laut (P) Abdul Haris,S.E., M.M.D.S yang sangat berpengalaman dalam mengemban misi perdamaian PBB serta dihadiri juga oleh Wakil Komandan PMPP TNI Brigjen TNI Heru Langlang Buana, S.I.P., M.Si.

Dalam diskusi, para narasumber sangat mengapresiasi atas usaha dan jerih payah Kolonel Caj (K) Purn Nita Siahaan dalam menuangkan pengalamannya sebagai wanita TNI AD pertama dalam penugasan misi perdamaian PBB di negara konflik di Kongo yang penuh dengan bahaya dan taruhan nyawa dan sudah barang tentu bukanlah tugas yang mudah dilakukan oleh seorang wanita. 

Dalam buku tersebut juga disinggung beberapa peran wanita yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB khususnya wanita TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda diantaranya peran wanita dalam operasi militer, operasi kemanusiaan, medis, pendidikan dan pelatihan serta komunikasi dan intelijen. 

Pada kesempatan tersebut, Kolonel Caj (K) Purn Nita Siahaan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan dari berbagai pihak dan mendedikasikan buku tersebut sebagai bahan referensi kepada seluruh Prajurit TNI yang tengah dan akan bertugas dalam misi perdamaian PBB. 

Sebagai informasi penulis buku, Kolonel Caj (K) Purn  Nita Siahaan lahir di Medan pada 1 Juli 1961, putri dari pasangan Peltu Purn Marcius Siahaan (Alm) dan Emma Elisabeth Boru Sihombing, mengenyam pendidikan militer melalui Sepamilwa (Sekolah Perwira Militer Wajib) ABRI dan dilantik sebagai Letnan Dua pada tahun 1990. 

Yang bersangkutan pernah berdinas di sejumlah instansi TNI antara lain Ditajenad, Setumad, Spamad, Dispenad, Ditjen Strahan Kemhan dan Pusbasa Kemhan. Sejumlah negara sudah dikunjungi saat yang bersangkutan berdinas aktif antara lain Jepang, Singapura, Malaysia, Kongo, Uganda, Afrika Selatan, Brunei, Filipina, Thailand, Myanmar, Perancis dan Australia. (Red)

Belum ada Komentar untuk "Peluncuran Buku Setahun Di Kongo Tuai Apresiasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel