“Our minds, Our Rights": Kesehatan Mental, Hasilkan Karya Terbaik



Oleh : Kolonel Laut (K) Dr.dr.Hisnindarsyah, Sp.KL., SubspKT (K)., S.E., M,Kes., MH.,C. FEM., FlSQua., FRSPH dan
H.Ahyar Wahyudi, S.Kep. Ns., M.Kep., FIHFAA, FISQua, FRSPH

Tema Hari Kesehatan Mental Dunia 2023, "Jiwa kita, hak kita," adalah panggilan tegas kepada kita semua, baik sebagai individu maupun komunitas, untuk bersatu dan bersuara. Kita harus sepakat bahwa kesehatan mental adalah hal yang sangat penting dan hak asasi manusia yang tak boleh tergusur bagi semua orang.

Jadi, mari kita ingatkan bersama bahwa kesehatan mental bukanlah hak yang bisa dipilih-pilih. Ini adalah hak dasar yang seharusnya diperoleh oleh setiap individu, di mana pun mereka berada. Semua orang berhak merasakan kesehatan mental yang optimal. Ini mencakup hak untuk terlindungi dari segala risiko yang dapat mengganggu kesehatan mental kita, hak untuk mendapatkan perawatan mental yang mudah diakses, terjangkau, serta bermutu tinggi. Dan jangan lupakan hak untuk hidup bebas, mandiri, dan tetap berada dalam lingkungan komunitas yang mendukung.

Ingatlah, kesehatan mental yang baik memiliki dampak besar terhadap kesejahteraan fisik, hubungan sosial, dan produktivitas dalam pekerjaan. Sayangnya, satu dari delapan orang di seluruh dunia menghadapi tantangan dalam kesehatan mental mereka. Ini bisa berpengaruh pada kualitas hidup mereka, termasuk hubungan dengan orang lain dan peluang dalam karier.

Yang lebih penting lagi, kita harus memahami bahwa memiliki masalah kesehatan mental bukanlah alasan untuk melanggar hak asasi manusia seseorang atau mengecualikan mereka dari keputusan tentang perawatan mereka sendiri. Sayangnya, masih banyak kasus pelanggaran hak asasi manusia terhadap individu dengan masalah kesehatan mental di seluruh dunia. Banyak di antara mereka terpinggirkan dan menghadapi diskriminasi, bahkan beberapa di antaranya tidak dapat mengakses perawatan mental yang mereka butuhkan atau bahkan menerima perawatan yang melanggar hak asasi manusia mereka.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bersama mitranya telah berkomitmen keras untuk memastikan bahwa kesehatan mental dihargai, dipromosikan, dan dilindungi. Mereka ingin memastikan bahwa setiap orang memiliki kesempatan untuk menjalankan hak asasi manusia mereka dengan baik dan memiliki akses ke perawatan kesehatan mental yang sesuai dan memadai. Oleh karena itu, mari kita bergabung dalam kampanye Hari Kesehatan Mental Dunia 2023 untuk lebih memahami hak dasar kita terhadap kesehatan mental dan bagaimana kita dapat berperan dalam melindungi hak asasi manusia orang lain. Ayo, bersama-sama kita ambil tindakan dan jaga kesehatan mental kita serta hak asasi manusia semua orang! 😊✨ (inspirasi hari kesehatan mental sedunia)

Belum ada Komentar untuk "“Our minds, Our Rights": Kesehatan Mental, Hasilkan Karya Terbaik "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel