Presiden Jokowi Datang, Harga Bahan Pokok di Medan Mendadak Murah




MEDAN|Presiden Joko Widodo menyebutkan harga bahan-bahan pokok relatif murah setelah melakukan peninjauan di Pasar Suka Ramai, Kota Medan, Sabtu (19/8).

Jokowi melakukan kunjungan kerja selama satu hari di Kota Medan dengan tiga agenda utama. Yakni membuka Muktamar XXIII Ikatan Pelajar Muhammadiyah di Gedung Serba Guna Pemprovsu dan menghadiri Pengukuhan Pengurus DPP Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Lapangan Benteng.

Sebelum menghadiri Pengukuhan GAMKI, Jokowi melakukan peninjauan ke Pasar Suka Ramai di Jalan AR. Hakim, Kecamatan Medan Area. Di sini Presiden mengecek harga bahan-bahan pokok serta melongok sejenak truk pasar keliling milik Prmkot Medan.

Setelah tiba di parkiran pasar sekitar pukul 12.20 WIB, Jokowi dan rombongan langsung turun ke lantai dasar dan berkeliling mengecek harga bahan-bahan pokok.

Saat mengecek harga, Presiden kerap berbicara dengan sejumlah pejabat daerah terkait, serta para pedagang yang ditemuinya. Jokowi mengitari pasar selama sekitar 10 menit dan kemudian keluar.

Setelah melongok sebentar truk Pasar Keliling milik Pemkot Medan yang berada di parkiran, Presiden kemudian menemui para wartawan yang sudah menunggunya.

Kepada media, Jokowi mengakui dirinya melakukan pengecekan harga bahan-bahan pokok. Dan dari pengecekannya, dia mendapat informasi bahwa harga bahan-bahan pokok dalam kondisi baik.


Bawang merah, harganya sangat murah, Rp24 ribu, telur juga sangat murah sekali," ujarnya.

Menurut Jokowi, saat ini juga belum ada kekhawatiran mengenai stok beras. Namun demikian menurutnya pemerintah sudah memersiapkan langkah antisipasi, seperti mengimpor beras.

Karena itu, pada tahun ini pemerintah memperbesar impor beras sebagai cadangan stregis agar tidak terjadi gejolak harga.

Pernyataan Presiden cukup kontras dengan hasil penelusuran langsung di lapangan. Masih di pasar yang sama, seusai Jokowi pergi, sejumlah pedagang mengungkapkan adanya kenaikan harga berbagai bahan pokok.

Para pedagang mengatakan, cabai merah saat ini mengalami kenaikan harga Rp30 ribu ke Rp40 ribu per kg. Harga daging ayam juga sedang naik dari Rp32 ribu ke Rp35 ribu per kg.

Kemarin, Jumat (18/8), Pusat Informasi Harg Pangan Strategis (PIHPS) mencantumkan kenaikan harga untuk semua jenis beras. Besaran kenaikan antara Rp50-Rp150 per kg. Sedangkan untuk harga cabai merah, PIHPS kemarin mencantumkan kenaikan harga dari Rp45 ribu-Rp53 ribu per kg.

Pemuda Indonesia




Belum ada Komentar untuk "Presiden Jokowi Datang, Harga Bahan Pokok di Medan Mendadak Murah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel